SOAL LATIHAN BAB 5
Bagi Anda yang memiliki 1 NIM digit terakhir genap, maka studi kasus mengenai Sistem Informasi Akademik berbasis Web.
- Buatlah Interview Guide yang akan digunakan dalam melakukan penelitian pada perancangan sistem informasi di atas.
- Apa yang dimaksud dengan teknik pengumpulan data secara observasi (pengamatan)? Serta sebutkan kelebihan dan kelemahan dari teknik tersebut.
- Buatlah catatan hasil observasi terkait dengan perancangan sistem yang akan Anda buat, meliput:a. Kendala/permasalahan pada sistem sebelumnya.b. Kebutuhan data/informasi/sistem/teknologi yang digunakan.
- Jelaskan apa kelebihan serta kekurangan dalam menggunakan teknik daftar pertanyaan! Serta jelaskan membuat daftar pernyataan dalam format bebas dan membuat daftar dalam format bebas dan membuat daftar pertanyaan dalam format pasti!
- Buatlah daftar-daftar pertanyaan dengan format bebas dan format pasti dalam bentuk: Check-Off Questions, Yes/No Question, Opinion Question dalam perancangan sebuah sistem informasi tsb! Yang ganjil mengenai sistem informasi penjualan e-commerce berbasis android, sedangkan yang genap mengenai sistem informasi akademik berbasis web.
JAWABAN BAB 5
1). Interview Guide yang akan digunakan dalam melakukan penelitian pada perancangan sistem informasi
NO | HARI | JAM | NARASUMBER | DAFTAR PERTANYAAN | |
NAMA | JABATAN | ||||
1. | Senin, 02-01-2022 | 10:00-10:30. | Indah Permata | Content Creator | 1. Bagaimana sejara perusahaan ini di bangun/dibuat? 2. Apa Visi dan Misi dari perusahaan ini? 3. Seperti apa struktural di perusahaan ini? 4. Bergerak dalam bidang apa saja usaha ini? |
2. | Senin, 02-01-2022 | 13:00-13:30. | Iqbal Fauzi | Media Creator | 1. Bagaimana sejara perusahaan ini di bangun/dibuat? 2. Apa Visi dan Misi dari perusahaan ini? 3. Seperti apa struktural di perusahaan ini? 4. Bergerak dalam bidang apa saja usaha ini? |
· Kelebihan
- Dengan observasi, data langsung mengenai prilaku yang khusus dari objek dicatat dengan segera dan tidak berpedoman pada ingatan seseorang.
- Data dapat diperoleh dari subjek baik melalui komunikasi verbal maupun non verbal.
- Objek penelitian yang selalu sibuk lebih senang diteliti melalui observasi dari pada diberi angket atau wawancara.
- Meungkinkan pencatatan serentak terhadap berbagai gejala karena dibatu oleh pengamat atau alat lainnya.
· Kelemahan
- Diperlukan waktu yang lama untuk memperoleh hasil observasi langsung terhadap suatu kejadian
- Observasi terhadap suatu fenomena yang memiliki rentan waktu lama tidak dapat dilakukan secara langsung.
- Ada beberapa kegiatan yang datanya tidak mungkin diperoleh melalui observasi, misalnya rahasia pribadi seseorang.
- Jika objek observasi menyadari dirinya sedang diamati, dia cenderung bekelakuan sesuai dengan yang diharapkan si pengamat.
- Jika terjadi peristiwa tidak terduga, seperti hujan, kebakaran, dan bencana alam, pelaksanaan tugas pengamat dapat terganggu atau terhenti.
3. 3). Catatan hasil observasi terkait dengan perancangan sistem yang akan Anda buat, meliput:
· Kendala/Permasalahan pada sistem sebelumnya.
a. Persiapan yang belum cukup.
b. Ada beberapa perusahaan yang menolak untuk melakukan observasi.
c. Narasumber yang tidak mau menjawab pertanyan-pertanyaan yang diberikan.
· Kebutuhan data/informasi/sistem/teknologi yang digunakan.Tidak mau menjawabnya narasumber dari pertanyaan yang diberikan bahkan ada jawaban yang tidak pasti membuat data/informasi yang diterima tidak terlalu jelas dan harus mnegulas ulang pertanyaan untuk dicatat, teknologi yang dilakukan pada saat observasi yaitu pengamatan dengan menggunakan :
a. Anecdotal
b. Catatan berkala
c. Cheklist
d. Rating scale
4. 4). Sebagai Berikut:
· Kelebihan
1) Tidak memerlukan hadirnya peneliti.
2) Dapat dibagikan secara serentak kepada responden.
3) Dapat dijawab oleh responden menurut kecepatanya masing-masing menurut waktu senggang responden.
4) Dapat dibuat anonim sehingga responden bebas, jujur dan tidak malu-malu menjawab.
5) Dapat dibuat bersetandar sehingga semua responden dapat diberi pertanyaan yang benar-benar sama.
· Kekurangan
1) Responden sering tidak teliti dalam menjawab sehingga ada pertantaan terlewati tidak terjawab, padal sukar diulangi diberikan kembali padanya.
2) Seringkali sukar dicari validitasnya.
3) Walaupun dibuat anonim, kadang-kadang responden sengaja memberikan jawaban yang tidak betul atau tidak jujur.
4) Angket yang dikirim lewat pos pengembalianya sangat rendah, hanya sekitar 20%. Seringkali tidak dikembalikan terutama jika dikirim lewat pos menurut penelitian.
5) Waktu pengembalianya tidak sama-sama, bahkan kadang-kadang ada yang terlalu lama sehingga terlambat.
· Daftar Pertanyaan Format Bebas : berisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang harus diisi oleh responden ditempat yang sudah disediakan.
· Format Pasti : berisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya sudah pasti dengan memilih jawaban yang tersedia. Hasil dari daftar pertanyaan tipe ini akan lebih mudah untuk ditabulasi dan diisi oleh responden. Daftar pertanyaan tipe ini mempunyai beberapa bentuk pertanyaan.
1) Check-off questions : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini dibuat sehingga responden dapat memeriksa (check-off) jawaban-jawaban yang sesuai.
2) Yes/No questions : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan responden untuk menjawab ‘ya’ atau ‘tidak’.
3) Opinion/Choice questions : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan responden untuk memberikan pendapatnya.
· Daftar Pertanyaan Format Bebas:
1) Divisi Marketing :
- Dalam divisi marketing penjualan Elektronika Data Processing (EDP) diperlukan sebagai apa?
- Bagaimana pengembangan marketing di LPP RRI?
- Mengapa disetiap perusahaan harus ada divisi marketing?
2) Personalia (HRD)
- Bagaimana jika LPP RRI jika tidak memiliki Personalia HRD?
- Jika ada Personalia HRD di LPPRRI bagai mana tugasnya dalam mengenai sistem informasi LPPRRI?
3) Elektronik Data Processing (EDP)
- Apakah sudah banyak yang bisa mengunakan EDP di LPP RRI?
5. 5). Daftar-daftar pertanyaan dengan format bebas dan format pasti dalam bentuk: Check-Off Questions, Yes/No Question, Opinion Question dalam perancangan sebuah sistem informasi tsb!
· Check-off Questions
Jenis dari pertanyaan-pertanyaan ini dibuat sehingga responden dapat memeriksa (check-off) jawaban-jawaban yang sesuai.
- Tindakan apakah yang seharusnya dilakukan apabila misalnya, sistem ( registrasi, ujian, KRS Mandiri ) mengalami suatu kebocoran atau kerusakan / bencana pada saat beroperasi, sehingga mengganggu kinerja perusahaan ? Bagaimana proses tindakan tersebut? ( user / administrator)
- Apakah manajemen dalam memberikan otorisasi dan menentukan pengendalian akses terhadap penggunaan dan pengoperasian sistem sudah jelas ? ( user / administrator )
· Yes/NO Questions
Jenis dari pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan responden untuk menjawab “Ya” atau “Tidak”.
- Menurut Anda, apakah sistem registrasi mahasiswa di UMC ini memberikan kemudahan dalam mengikuti prosedurnya, ataukah memberikan kesulitan bagi anda?
- Menurut Anda, apakah dalam mengikuti prosedur ujian semester memberikan kemudahan, ataukah memberikan kesulitan bagi anda
· Opinion/choice Questions
Jenis dari pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan responden untuk memberikan pendapatnya.
- Menurut pendapat dan pengalaman anda, apakah dengan adanya KRS Manual, memberikan kepuasan bagi anda selaku konsumen yang membutuhkan informasi – informasi penting dalam kegiatan akademik Anda ?
Sangat Puas | Puas | Ragu-ragu | Tidak Puas | Sangat Tidak Puas |
- Menurut pendapat dan pengalaman anda selama ini, apakah sistem registrasi mahasiswa seperti yang diterapkan ini, baik dari segi pelayanan maupun prosedur serta sistem yang berjalan, memberikan kepuasan bagi anda selaku konsumen di Universitas Muhammadiyah Cirebon ini
Sangat Puas | Puas | Ragu-ragu | Tidak Puas | Sangat Tidak Puas |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar